Thursday, February 23, 2012

3 Aplikasi Open Source untuk Web Design



Aplikasi open source untuk web design banyak bertebaran di Internet. Banyak dari kita yang belum menyadari bahwa aplikasi open source untuk web design ternyata memiliki kemampuan yang juga tidak kalah hebat dengan aplikasi-aplikasi web designmahal & ngetop lainnya. Selain terbilang murah, keunggulan aplikasi open source lainnya adalah hampir semuanya dapat berjalan di platform apa saja, baik Windows, Linux, Desktop ataupun Web, sehingga kita dapat bekerja dengan mudah tanpa khawatir masalah kompatibilitas.
Berikut ini 3 aplikasi open source untuk web design pilihan saya.

1. GIMP

GIMP
GIMP adalah sebuah aplikasi desain grafis gratis yang dapat digunakan untuk membuat dan mengedit hampir semua jenis grafik. Selain memiliki dukungan Skins, GIMP juga dikenal sebagai aplikasi open source nya Adobe Photoshop karena fitur serta fungsi-fungsi yang ada didalam Adobe Photoshop hampir seluruhnya telah diadaptasi di GIMP.

2. Nvu

Nvu - Free Web Authoring System
Nvu adalah web editor gratis. Meskipun tidak memiliki semua fitur dan interface dari Dreamweaver atau Sharepoint, dengan Nvu kita tetap dapat mengedit kode dan desain pada saat bersamaan. Selain itu, dengan Nvu kita juga dapat memindahkan elemen web design tanpa melihat kode html nya.

3. FileZilla

FileZilla
FileZilla merupakan aplikasi FTP open source paling populer. FileZilla digunakan untuk mengupload file-file hasil web design, seperti gambar, javascript, css, html, php, dan sebagainya ke web server. FileZilla merupakan cross-platform kompatibel (tersedia untuk Linux, Mac, dan sistem operasi Windows) serta memiliki kemampuan untuk mentransfer file melalui banyak protokol.
Ok, itu adalah 3 aplikasi open source untuk web design pilihan saya ( atau tepatnya favorit saya ) Anda sendiri bagaimana? Aplikasi open source untuk web design apa saja yang anda suka?

Semoga Bermabnfaat .. !!

No comments:

Post a Comment