Thursday, July 19, 2012

Lacak Posisi Teman di Facebook

Friendshake, fitur baru mencari teman di lokasi terdekat. Facebook memperkenalkan fitur baru kepada publik. Friendshake menggunakan fitur GPS pada ponsel untuk mencari teman yang berada di sekitar Anda. Setelah melacak, Anda bisa mengundang mereka menjadi "teman" di Facebook.

Friendshake bisa menjadi cara mudah untuk friend request atau permintaan menambahkan sebagai teman untuk orang yang baru Anda temui, misalnya di konser.

Anda bisa membuka link berikut menggunakan browser ponsel. Masuklah dengan akun Facebook Anda. Daftar orang yang masuk laman tersebut dalam jarak radius tertentu yang dipindai dengan GPS bisa Anda lihat.

Fitur ini dilaporkan bekerja pada aplikasi Facebook untuk iOS. Anda tinggal masuk ke Menu, membuka pilihan Apps dan pilih Find Friends. Masuk ke opsi Other Tools dan pilih Find Friends Nearby.
Berhubung belum banyak yang mengetahui layanan ini, hasil pencarian belum berhasil dengan baik. Tapi, setelah banyak yang mengakses, Anda bisa mendeteksi teman dengan mudah.

Langkah kerja fitur ini mudah. Misalnya, Anda berkenalan dengan orang baru di tempat konser. Anda bisa menambahkan dia menjadi teman baru tanpa perlu meminta dia mengeja namanya untuk melakukan pencarian. Hasil penelusuran Friendshake akan mendaftar orang di sekitar dalam kelompok kecil yang bisa Anda pilih.

Selain menambahkan kenalan baru, Anda bisa juga melakukan pencarian spesifik. Anda dapat mencari orang di sekitar yang memiliki hobi yang sama, mengundang teman dari teman Anda, dan orang-orang berpenampilan menarik.

Sisi buruk dari fitur ini tentu ada. Menurut Gizmodo, fitur ini bisa disalahgunakan para penguntit untuk mencari identitas Anda. Caranya pun tergolong mudah.

Pertama, orang ini bertemu dengan Anda di lingkungan sekitar. Dia lantas mencari identitas Anda dengan fitur ini. Pengenalan bisa dengan melihat foto profil. Selanjutnya, dia bisa mengakses data personal yang Anda pampang di Facebook.

Kendati ada asumsi perlindungan privasi Facebook, jejaring sosial ini kurang menjaga catatan data pribadi Anda. Penggunaan layanan baru ini harus dimanfaatkan dengan kewaspadaan terhadap efek sampingnya.

Sumber

No comments:

Post a Comment