Wednesday, December 7, 2011

Cara Membuat File Exe dan Setup di VB.Net dan VB 2010


Dalam postingan saya akan memberikan panduan untuk instalasi aplikasi atau program buatan sendiri yang dibuat menggunakan software Visual Studio ( Visual basic ) 2010. Instalasi ini dilakukan ketika kita telah selesai membuat sebuah aplikasi dan aplikasi itu siap untuk disebarkan/diinstal pada banyak komputer. Untuk instalasi ini ada 2 cara, cara pertama yaitu cara manual dan cara kedua adalah dengan membuat file setup.exe untuk menginstal aplikasi yang telah dibuat tadi.

Cara 1 :
Cara manual ini adalah cara paling mudah untuk menyebarkan aplikasi yang telah Anda buat pada beberapa komputer, caranya yaitu kita hanya perlu mengcopy file .exe dari aplikasi yang telah dibuat. Contohnya Anda telah membuat sebuah aplikasi dengan Visual Studio 2010 dengan nama project Simulasi TA. Ketika aplikasi ini sudah siap untuk digunakan pada beberapa komputer,  Anda hanya perlu mengcopy file sisfo Simulasi.exe yang berada dalam folder “similasi TA/bin/debug/similasi TA.exe”. Lalu copy-paste saja file similasi TA.exe tadi ke komputer – komputer yang akan menggunakan aplikasi ini. File similasi TA.exe yang tadi sudah di copykan hanya perlu di double click saja dan aplikasi tersebut langsung dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Vb.Net exe

Cara ke 2 :Dengan cara kedua ini Anda harus membuat file setup.exe untuk aplikasi yang sudah Anda buat, sehingga nantinya aplikasi yang sudah Anda buat akan terinstal dalam sistem komputer seperti ketika Anda menginstal software ke dalam komputer Anda. Bedanya dengan cara pertama yaitu, pada cara pertama aplikasi yang sudah jadi hanya diletakkan dalam komputer dengan cara copy-paste sehingga aplikasi tidak masuk dalam sistem komputer.Untuk membuat file setup.exe caranya adalah:
Buka project yang sudah Anda buat. 
Vb.Net exe

Pilih menu Project – <nama project Anda> Properties 
Vb.Net exe


Setelah jendela properties dari project Anda terbuka kemudian pilih menu publish dari jendela tersebut

 Vb.Net exe
Anda tentukan dimana lokasi file hasil publish disimpan pada “Publish Location” 
Vb.Net exe

Pilih Publish Now dan tunggu hingga Visual Studio selesai mempublish project Anda menjadi file setup.exe.
Cara bukanya di  < nama project anda>/bin/debug/app.publish, seperti gambar berikut ini :

Vb.Net exe
Setelah Anda mempunyai file setup dari aplikasi yang Anda buat, selanjutnya Anda install pada komputer yang Anda inginkan dengan mengklik file setup yang ada.

Selamat mencoba…..

91 comments:

  1. kalo di kompi yang gak ada aplikasi netframenya apakah bisa dieksekusi kalo cuma copy exe filenya saja..

    ReplyDelete
  2. tentu saja tidak bisa gan,mungkin anda sebaiknnya download netframe jika memang tidak ada,atau update jika anda ingin versi terbaru..
    semoga membantu

    ReplyDelete
  3. kalo mengembalikan file yg udah berbentuk exe kebentuk normal alias belum berbentuk exe gmn gan????

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa gan..karena pada prinsipnya file .exe itu di buat dari hasil pembentuakan dari file-file mentahnya (katakanlah begitu).
      jika maksud agan ingin mengedit data,maka harus ada file mentah ny gan..
      semoga membantu.

      terima kasih,telah berkunjung

      Delete
  4. thank banget sharingnya gan,
    mau nanya dong.
    Kenapa program yang saya publish tidak membentuk folder di C:Program Files ya? malah larinya ke document_settings/... folder gak jelas gitu exe.nya

    Nah, kemudian saya ingin nanya gan, kalau ada revisi program apakah cukup hanya copy kan exe terbaru ke komputer user atau harus publish dan install ulang di user.

    Thanks ya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah kelemahannya jika membuat exe langsung dari vb.net nya..
      klo saya tidak salah ada pihak ketiga dalam pembuatan file exe nya,ntah itu saya lupa namanya...
      beberapa bulan kedepan saya harap saya sudah bisa posting.
      untuk revisi itu.sama seperti jawaban saya di atas, masih ada kelemahan di vb.net
      maka sebaiknya install ulang terlebih dahulu

      terimakasih semoga membantu

      Delete
    2. coba cek postingan yang ini gan
      http://bongkar-it.blogspot.com/2014/04/cara-membuat-file-setup-vb-dot-net-atau.html

      Delete
  5. nice posrting,, thanks for sharing this !!

    ReplyDelete
  6. makasih infonya gan..
    sangat membantu sekali..

    ReplyDelete
  7. aku make VB 2010 Express.. Kok gak bisa jadiin exe gan... error gitu ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin file nya ada yang corrupt gan .. di reapir aja

      Delete
  8. gan mu nanya nih ko projek ane kaga bisa di buka data base nya gan, itu sudah jadi fail exe
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus pake method client server kali ya kalo ada databasenya??

      Delete
    2. ketika memasukan nama database sebaiknya jangan disertakan alamat partisi dan foldernya, cukup anda memasuakn nama database nya .
      misal dbcoba, maka anda menulis .../dbcoba.acc

      Delete
    3. klo masih belum bisa ... ini nih gan
      coba cek postingan yang ini gan
      http://bongkar-it.blogspot.com/2014/04/cara-membuat-file-setup-vb-dot-net-atau.html

      Delete
  9. gan kalau dengancara agan diaatas apa bisa setupnya terinstal dikomputer lain? soalnya saya sudah coba dan tidak bisa.. mohon pencerahannya gan,makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek postingan yang ini gan
      http://bongkar-it.blogspot.com/2014/04/cara-membuat-file-setup-vb-dot-net-atau.html

      Delete
  10. gan tanya dong ....
    kalau mau dijadikan .exe tapi sekaligus include database nya gmna ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadiin setup file nya aja gan.. klo di .exe gak akan bisa include..
      coba cek postingan yang ini gan
      http://bongkar-it.blogspot.com/2014/04/cara-membuat-file-setup-vb-dot-net-atau.html

      Delete
  11. gan boeh tanya?...saya mau buat satu package prgram dr vb net 2010,,,nh program saya itu terdapat data base didalamnya?...database berupa sql server gan....nha yang saya mau tanyakan bagaimana cara saya membuat file tersebut satu package berbentuk exe tanpa harus menginstal sql server pada computer lainyang saya ingin taruh progra tsb..

    trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan @ahmad coba cek postingan di bawah ini gan
      http://bongkar-it.blogspot.com/2014/04/cara-membuat-file-setup-vb-dot-net-atau.html?showComment=1403071175903#c5451589045250749822

      Delete
    2. Mas ahmad.. coba mas ahmad pakai connector sql atau lebih dikenal dengan ODBC ... coba deh di searching di google apa itu odbc

      Delete
  12. kalau pengen mengganti ikon nya gimana tuh gan ? mohon pencerahan nya jadi supaya memiliki ikon khas aplikasi nya
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat Gambar yang akan dijadikan Icon, lalu kunjungi http://www.genfavicon.com/ download favicon.ico hasil generatornya,..
      Lalu gunakan icon hasil download di aplikasi yang dibuat pada VS2010, double klik pada nama projectnya hingga muncul layar konfigurasi, pilih pada tab Nama Project Anda, tentukan iconnya dengan memilih browse,... semoga membantu.

      Delete
    2. ada gan, mudah nanti saya buat tutorialnya..

      Delete
  13. Rumit. . Rumit. . Bisa di bikinin tutorial di video gak bro. . soalnye ane ada buat program pake database sql server. . trus stelah ane coba di atas tu filenya gak mau terbaca sama sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya ikuti langkah2 yang ada di http://bongkar-it.blogspot.com/2014/04/cara-membuat-file-setup-vb-dot-net-atau.html,.. lalu install sql pada komputer baru yang akan dipasang aplikasi anda. gunakan export database SQLnya menjadi extensi BAK,... lalu import melalui SQL yang sudah terinstall pada komputer baru tadi.

      Delete
    2. Makasi mas Hasan atas bantuan jawabannya

      Delete
    3. Mas Arip Putra Mungkin nanti saya akan buat beserta tutorialnya

      Delete
  14. Gan kalo project nya yang udah ngonek ke database biar gak error pas di runing nya gmana tuh cara ngatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti database di copy aja gan satukan sama folder insallasinya.
      atau jika menggunkan sql uda koneksi otomatis kok..

      Delete
  15. npa ya pada saat instal program vb.net di PC yang lain gak bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini maksudnya vb? atau aplikasi yang di buat di vb?

      Delete
  16. kalau program menggunakan database gimana gan?

    ReplyDelete
  17. Gan mau nanya kalau pake vb 2008 bisa pake cara kayk gni gak gan. . .
    Thq

    ReplyDelete
  18. contoh yang VB.NET mana mas.. tolong share juga iya

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap gan, nanti saya share klo ada waktu. mungkin lain kali, waktu dekat ini saya sedang sibuk dengan pekerjaan

      Delete
  19. klau programnya pkek report gmn ? sya sdh coba tpi trjdi eror

    ReplyDelete
    Replies
    1. mendingn pakai crystall report gan. jangan pakai report bawaan VS nya

      Delete
  20. Assalamu'alaikum. maaf mas numpang nanya nih, aku lg build aplikasi di vb.net, cman td ngk sengaja sciptnya kehapus, gmana yh cara balikinnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam, sepertinya tidak bisa gan. karena ketika sudah di save project. undo sudah tidak berlaku. kecuali agan punya back up nya. lain kali mungkin agan harus sengaja back upa data sebelum edit.

      Delete
  21. Aku d.base nya pake sql server , pas exe di running masih error gimana gan?

    ReplyDelete
  22. Ane pake vb13 dan sql server12, setelah selesai dbikin exe , program bisa d running namun error ketika di klik d salah satu komponen menu utama , help gan....

    ReplyDelete
  23. kalau udah selesai di publis untuk di instal ke komputer lainnya pilih yang mana yah mas? yang setup.exe atau application manifestnya / click once?

    ReplyDelete
  24. Kok punya saya cryatal reportnya error stlh di install di komputer ketika program dipake

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin masalahnya ada di crystall report nya gan, coba agan re install crystall report nya

      Delete
  25. gan mau Tanya. apakah databasenya langsung nyambung dengan program .exenya ? atau apakah harus install databasenya juga di computer yg lain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak perlu install oracle gan, agan cukup pake mysql ODBC saja. itu fungsinya sebgai jembatan antara aplikasi agan dengan database sql nya

      Delete
  26. gan, kalo misalnya databasenya pake MySQL oracle , klo sdh di publish dan di install di computer yang lain , apakah databasenya bisa ikt terbaca ? atau harus install oracle di computer yg lain juga? mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak perlu install oracle gan, agan cukup pake mysql ODBC saja. itu fungsinya sebgai jembatan antara aplikasi agan dengan database sql nya

      Delete
  27. gan mau tanya nih, kalo aplikasinya berdata base lah data basenya gimana nasibnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung database nya apa yng di pakai, access atau mysql?

      Delete
  28. gan mau tanya ni..?? ane kan ngepublis progrm ane db nya pekek accses
    ketikak di publis udh jadi exe kok databasenya g kebaca accesnya...?? mohon bantu.annya gan...??

    ReplyDelete
  29. gan saya mau tanya ni..?? sayakna buat program menugunakan vb.2012 dan databasenya makai acces.. pas saya publis kan jadi exe.. ketika di instal
    ke pc saya jalankan program .. ee databasenya g kebca dan kenapa ya gan..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. database nya di copy juga gan? mungkin penamaan penempatan db gan saya kira

      Delete
  30. Gan... cara ini bisa diterapkan di VS.2008 juga kan..??

    problem : waktu app udah jadi dan dijalan kan, database nya malah error padahal udah setting di module nya sebelum convert.
    itu problem nya di mna yah gan ??

    Bila ada aplikasi pendukung untuk men COVErt, mohon info nya yah gan..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan pakai database apa? jika menggunakan mysq saya sarankan agan menggunkan mysql ODBC gan..

      Delete
  31. gan. klo pake db dr acces gmna biar db nya tetep kebaca dan gak eror ya ? bantuan penjelasan nya donk.. soalnya banyak yang bingung dibagian itu dari semua pertanyaan yang muncu. heeehhhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk db menggunkan access, agar tidak error saat bulding atau exe nya agan bisa merubah penamaaannya,saya rasa saya sudah menjawabnya di atas gan

      Delete
  32. gan, saya menggunakan access bkn mysql. saat saya jalankan aplikasi muncul error. cara mengatasinya gmna gan?databasenya dicopy ke tmpt instalnya kah?
    mohon bantuannya gan, klo bisa sih secara detail menjelaskannya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa lebih spesifikasi gan untuk masalah error nya??
      untuk sementara coba copykan file DB ke folder yang sama dengan installan.. atau agan bisa cek penamaan databasenya

      Delete
  33. gan, mau tanya nih saya udah publish, tapi crystal report saya ga bisa buka, kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya, ga bisa kebuka gimana ya gan?
      ada keterangan error nya atau sama sekali tanapa error namun tidak kebuka?

      Delete
  34. gan mau tanya saya sudah bikin aplikasi dengan vb6, permasalahannya ketika aku akan instal di komputer lain tidak bisa selalu run time error 430 namun saya instal di komputer saya bisa, bagaimana solusinya ?? padahal sudah saya coba mulai dari software setup2go sampai inno setup tetap aja tidak bisa..mohon jawabannya..tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 2 solusi untuk masalah tersebut ,
      pertama, install vb 6 di komputer yang akan di installkan program buatan agan.

      kedua, copykan file .dll dan .ocx jika ada ke system 32 pada komputer yang akan di install program yang agan buat.

      semoga membantu.

      Delete
  35. gan minta tolong solusinya agar hasil aplikasi yang sudah saya buat dengan vb6 kemudian saya ubah file set up dengan menggunakan setup2go atau inno set up bisa diinstal di komputer lain?? tks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk bisa di install pada komputer lain, sudah saya ajwab di atas gan.

      nah kalau untuk pembuatan snetup itu sendiri, biasanya saya pakai yang bawaan microsoft visual studionya (package).

      Delete
  36. Saya punya aplikasi file exe kl dibuka tampilanya hitam sperti layar cmd, apa bisa begraundnya dipake foto,, mohon petunjuknya caranya trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aplikasi mentahnya ada gan? kalau ga ada ya gabisa saya rasa.

      Delete
  37. Cara mengubah icon pada app Similasi TA, gmna ya?

    ReplyDelete
  38. sudah di publish tp kenapa ya ketika di copy ke ornag lain suara yang sudah diinput di vb netnya jd gak ada ?? ada yang tau atau ada solusi biar kalau dicopy ada suaranya ?

    Mohon Bantuannya

    ReplyDelete
  39. aplikasi vb saya kan ada suaranya, ketika publishnya di copy ke orng lain tidak ada suaranya jadinya, itu kenapa ya ? apakah ada yang tau ? mohon bantuannya. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. soundnya ikut di copykan juga, dan pastikan tempat penyimpanan/partisi sound tersebut sama dengan aplikasi ketika di buat.

      Delete
  40. Apakah aplikasi anda memakai Database?
    Aplikasi yg saya buat, yg memakai database tdk bisa di burning, dan tdk jalan pas di buka aplikasinya.
    Apakah database nya harus dibawa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa di burning? apakah ada keterangannya seperti apa?
      klo database ya ahrus di ikutkan juga di sana. tapi yg anda gunakan databse nya apa?

      Delete
  41. gan klu kita mau ngedit aplikasinya di komputer yg telah kita instal exe kita buat tdi gmna gan...

    ReplyDelete