Sunday, December 18, 2011

Cara Mengoptimalkan Memori Virtual Windows 7


Optimalkan Memori Virtual.Memaksimalkan Memori Virtual. Kapasitas RAM yang terinstal di komputer seringkali tidak cukup besar untuk menampung seluruh kebutuhan sistem. Karena itu, diciptakanlah file paging bernama pagefile.sys di drive C. Ia berfungsi sebagai memori virtual saat ruang di memori utama terisi penuh. Jika file paging sudah digunakan, bisa dipastikan performa komputer akan menurun. Sebab, kecepatan akses hard disk jauh lebih lambat dibandingkan akses ke memori. Kondisi akan semakin parah jika kamu meletakkan file paging pada drive yang sama dengan file sistem Windows. Hard disk tidak saja disibukkan oleh kebutuhan file sistem, tapi juga harus melayani kebutuhan virtual memori.

Nah, kamu yang punya lebih dari satu hard disk di komputer dapat mengatasi lambannya sistem. Caranya, pindahkan virtual memori ke drive yang berbeda dari drive utama file sistem. Jadi beban akses tidak hanya diberikan pada hard disk utama, tapi didistribusikan ke drive yang dipilih untuk dijadikan lokasi file paging. Hasilnya: performa komputer akan jauh lebih baik.

Memindahkan file paging tentunya tidak mungkin dengan copy-paste biasa. Gunakan trik berikut:

1. Klik tombol Start, klik kanan Computer, dan pilih Properties.

2. Setelah jendela sistem terbuka, klik Advanced system settings.

3. Di bagian Performance, klik tombol Settings.

4. Klik tab Advanced dan tekan Change di bawah Virtual memory.

5. Pilihlah lokasi drive yang saat ini digunakan untuk menyimpan file paging. Lokasi standarnya adalah di C.

6. Sebelum melakukan perubahan, catat ukuran awal dan ukuran paging maksimum yang telah terseting otomatis. Setelah itu pilih opsi No paging file dan tekan tombol Set.

7. Pilih lokasi yang ingin dijadikan lokasi penyimpanan file paging yang baru.

8. Setelah disk baru dipilih, pilih opsi Custom Size dan ketikkan angka minimum dan maksimum yang telah dicatat pada langkah ke 6. Jika tidak ingin menentukan ukuran paging secara manual, kamu bisa menyerahkannya secara otomatis ke sistem dengan memilih opsi System Managed Size.

9. Klik tombol Set, klik OK dan restart Windows.

10. Setelah restart, kamu boleh menghapus file pagefile.sys yang ada di C. File ini sudah tidak lagi dibutuhkan di drive tersebut.

Selamat mencoba...

No comments:

Post a Comment