Sunday, November 13, 2011

Contoh objek,method,variabel dan class pada java (OPP))


            Class
Didefinisikan Class sebagai sebuah blue print, atau prototipe, yang mendefiniskan variable-variabel dan metode-metode yang umum untuk semua objek dari jenis tertentu.
Class mendefinisikan atribut dan perilaku obyek yang dibuatnya. Class merupakan definisi formal suatu abstraksi. Class berlaku sebagai template untuk pembuatan obyek-obyek. Class berisi abstraksi yang terdiri dari nama  class, atribut dan service.



            Instance Variables (Atribute Class)
Suatu obyek dapat dibedakan berdasarkan sifat (behavior) yang berbeda. obyek juga dapat dibedakan berdasarkan atributnya. Mis: burung dapat dibedakan berdasarkan suara kicauan, warna bulu, bentuk tubuh, dsb. Atribut yang membedakan suatu instance obyek burung yang satu dengan yang lainnya disebut  instance variabel.

Method
Sebuah method adalah bagian-bagian kode yang dapat dipanggil oleh program utama atau dari method lainnya untuk menjalankan fungsi yang spesifik di dalam kelas. Method dapat dibagi menjadi fungsi dan prosedur. Fungsi adalah bagian atau sub dari program yang mempunyai algoritma tertentu dalam menyelesaikan suatu masalah dengan mengembalikan hasil. Prosedur adalah bagian atau sub dari program yang mempunyai algoritma tertentu dalam menyelesaikan suatu masalah tanpa mengembalikan suatu nilai hasil. Secara umum method dalam java adalah sebuah fungsi.

dari pada bingung silahkan silat contonya pada gambar di bawah ini :



No comments:

Post a Comment