Tuesday, November 22, 2011

Daftar OS dari yang Jadul Sampai Yang Yahud



Saat ini kita hanya tau sistem operasi itu hanya beberapa saja apdahal banyak lho yang namanya sistem operasi itu, gak cuma Windows (Microsoft),Apple/MacOs (Apple),Linux/Ubuntu (Linux)..
Nah ini dia daftar beberapa OS yang saya pungut dari beberapa blog dan web teman..hehehe

  • Apple Computer
Produk terkini yaitu Macintosh, atau disingkat Mac, adalah salah satu jenis komputer personal berbasis PowerPC yang diproduksi oleh Apple. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.

  • Business Operating System (BOS)
  • Commodore PET, Commodore 64, dan Commodore VIC-20
Commodore 64 adalah 8-bit komputer rumah diperkenalkan oleh Commodore International pada bulan Januari 1982. Volume produksi dimulai pada musim semi tahun 1982, dengan mesin yang dirilis ke pasar pada bulan Agustus dengan harga US $595.Didahului oleh Commodore VIC-20 dan Commodore PET mesin, C64 fitur 64 kilobyte (65.536 byte ) RAM, maka nama, dan memiliki suara yang menguntungkan dan spesifikasi grafis bila dibandingkan dengan sistem terkenal kontemporer seperti Apple II , terutama karena harga itu jauh di bawah yang menuntut oleh Apple. Hal ini umumnya dikenal sebagai C64 atauC = 64 (setelah logo grafis pada kasus ini) dan kadang-kadang sebagai 64 CBM (untuk C ommodore M B isnis achines), atauVIC-64. Hal ini juga telah dijuluki "breadbox" dan "bullnose" karena bentuk dan warna casing awal.
Selama masa hidup C64, penjualan mencapai antara 12,5 dan 17 juta unit, sehingga penjualan terbaik tunggal komputer pribadimodel sepanjang masa. Untuk waktu yang cukup lama (1983-1986), C64 mendominasi pasar dengan antara 30% dan berbagi 40% dan 2 juta unit terjual per tahun, yang mengalahkan klon IBM PC , Apple Inc komputer, dan Atari 8-bit keluargakompute
  • IBM PC awal (UCSD p-System, CPM-86, PC-DOS)
Perubahan besar dalam kebijaksanaan perusahaan IBM telah terjadi dengan munculnya jenis baru yaitu (PC) (personal komputer) dan dengan masuknya IBM PC ke pasaran mikro komputer sangat mempengaruhi setiap pabrik mikro komputer di dunia. Ketika  IBM memperkenalkan PC. Perusahaan-perusahaan fortune 500 menjadi tahu akan kemampuan profesional PC.meskipun sebelumnya mikrokomputer telah berhasil memenuhi keperluan bisnis kecil selama beberapa tahun . namun tidak lah demikian saat IBM memasarkan PC yang meliputi bidang hobi dan juga sarana yang dapat diterima dalam bisnis modern.Dengan memunculkan PC. IBM memakai beberapa perubahan kebijakan dasar. Sebelum nya, IBM selalu membuat semua produk yang akan di jualnya . IBM tidak tertarik terhadap komponen-komponen pihak ketiga, modul-modul atau perlengkapan lain . akan tetapi, pada tahap awal pembuatan PC, IBM mengakui bahwa hardware pihak ketiga menjadi penting dalam membawa PC ke persaingan keras pasaran industri mikrokomputer. Salah satu kunci kesuksesan PC adanya kemampuanya beradaptasi dalam menentukan standard industri dan adanya penyesuaian dengan produk-produk yang tersedia di pasar. Sistem operasi untuk PC telah dikembangkan diluar IBM . Tim patterson dari microsoff dan seattle computer company membuat PC – Dos antara musim semi tahun 1980 dan musim panas tahun 1981. Dia juga merupakan pembuat 86- DOS yang kemudian menjadi MS-DOS  microsoff. Sistem operasi lain yang akhir-akhir digunakan pula pada IBM PC meliputi CP/m-86 dari digital Research, UCSD P-System dari  Softech microsystem        
  • Sinclair Micro dan QS
Elektronik radio awalnya dikembangkan peralatan hi-fi, itu merilis produk pertama, Sinclair Micro-penguat, pada Desember 1962. Perakitan dan distribusi produk ini dikontrakkan ke Cambridge Konsultan Ltd . Pada tahun 1963 diperkenalkan Sinclair elektronik radio radio pertama mereka dengan "Sinclair Slimline" dalam bentuk kit di empat puluh sembilan shilling dan enam pence. Setahun kemudian pada tahun 1964 merilis Sinclair "Micro-6", pertandingan-kotak radio ukuran perusahaan yang mengklaim adalah "radio terkecil di dunia" itu. Hal ini juga dapat dipakai di pergelangan tangan Anda dengan "Transrista". Pada tahun 1965 "Micro-FM" memulai debutnya sebagai "dunia" pertama ukuran saku penerima tuner-FM ", tapi tidak berhasil karena kesulitan teknis. Meskipun masalah, klon ilegal diproduksi di radio tahun 1960-an akhir jauh-timur Sinclair. kit adalah 1.967 "Micromatic", ditagih sebagai "radio terkecil di dunia" seperti radio sebelumnya Sinclair The "Micromatic" adalah sukses yang wajar dan dijual sampai tahun 1971 Pada Mei 1971 Sinclair elektronik radio dibuat £ 85.000 keuntungan pada £ 563.000 omset;.. ini laba tahun berikutnya meningkat menjadi £ 97.000 pada omset dari £ 761.000.
Pada tahun 1966 Sinclair elektronik radio memasuki pasar hi-fi dengan "stereo 25", rendah-biaya pra-amp sistem kontrol. Produksi dihentikan pada tahun 1968 karena pasokan rendah transistor yang telah dibeli pada tahun 1964 sebagai menolak dari produsen lain. Pada tahun 1969 ia digantikan oleh "Enam puluh Stereo". Hal ini segera menjadi yang paling sukses produk audio Sinclair, sebagai produk kedua dari "60 Proyek" jangkauan. "Proyek 60" produk yang dijual baik dan dilengkapi oleh kit "Proyek 605" pada tahun 1972. Itu akhirnya digantikan oleh "Proyek 80" lebih maju kit pada tahun 1974. [1] Pada bulan Mei 1973 Sinclair elektronik radio dihasilkan £ 1.8m omset. Sinclair terakhir elektronik radio produk hi-fi adalah Sistem 4000, pada tahun 1974.
  • TRS-DOS, ROM OS
TRS-DOS (yang berdiri untuk hack T andy R adio S - D ystem ISK O perating S) adalah sistem operasi untuk Tandy TRS-80baris 8-bit Z80 Zilog mikrokomputer yang dijual melalui Radio Shack melalui akhir 1970-an dan awal 1980-an . Tandy manual direkomendasikan bahwa itu diucapkan triss-ranjang. TRS-DOS tidak harus bingung dengan Tandy DOS versi MS-DOS yang berlisensi dari Microsoft untuk Tandy yang x86 baris komputer pribadi (PC).
TRS-DOS terutama cara memperpanjang MBASIC ( BASIC di ROM ) dengan tambahan I / O (input / output) perintah yang bekerja dengan file disk daripada kaset yang digunakan oleh TRS-80 lainnya sebagian besar sistem.
  • TI99-4
TI 1979-99-4 dengan Synthesizer Pidato, RF modulator, keyboard overlays.jpgPara Texas Instruments merupakan awal TI-99/4A sebuah komputer di rumah , dirilis pada bulan Juni 1981, awalnya dengan harga USD $ 525. Ini adalah versi yang disempurnakan yang kurang-sukses-dan cukup langka-TI-99 / 4 model, yang dirilis pada akhir 1979 dengan harga $ 1.150. Para TI-99/4A menambahkan mode grafis tambahan, "huruf kecil" karakter yang terdiri dari modal kecil, dan keyboard perjalanan penuh. Pendahulunya, TI-99 / 4, menampilkan kalkulator gaya keyboard chiclet dan satu set karakter yang tidak memiliki teks huruf kecil.
  • Flex,FLEX9,mini-FLEX
Para FLEX tunggal-tasking Sistem operasi ini dikembangkan oleh Konsultan Teknis Sistem (TSC) dari West Lafayette , Indiana , untuk Motorola 6800 pada tahun 1976. Versi asli adalah untuk 8 "floppy disk dan versi (lebih kecil) untuk 5,25 " disket disebut mini-Flex. Hal itu juga kemudian porting ke Motorola 6809 , versi yang disebut Flex9. Semua versi tersebut hanya berupa teks dan dimaksudkan untuk digunakan pada perangkat layar mulai dari terminal mencetak seperti Teletype Model 33 ASR ke terminal cerdas. Meskipun tidak menampilkan grafis yang didukung oleh perangkat lunak TSC, beberapa produsen hardware yang didukung grafis dasar dan perangkat menunjuk.

No comments:

Post a Comment