Thursday, January 5, 2012

Cara Menggunakan Twitter



Twitter adalah situs mikroblog atau situs web jejaring sosial yang saat ini menjadi situs kedua terbesar di dunia yang bergerak dibidang jejaring sosial setelah facebook yang tampil sebagai situs jejaring sosial terbesar.
 

Meski telah ramai orang yang menggunakan twitter. Namun acapkali banyak pula yang belum begitu paham tentang apa sebenarnya fungsi dan bagaimana cara menggunakan twitter itu sendiri?

Untuk menambah pengetahuan kita tentang seluk beluk internet, terkhusus cara menggunakan twitter, maka untuk artikel kali ini sengaja dituliskan kepada teman-teman tentang menggunakan twitter, sehingga bagi teman-teman yang ingin mencoba-coba menggunakan twitter mulai saat ini dapat kiranya menjadi sedikit lebih paham dan bisa menggunakan twitter selayaknya seperti fungsi dan peranannya ketika diciptakan oleh pemilik situs twitter itu sendiri.

Agar lebih mengerti cara menggunakan twitter, maka hal pertama yang harus kita ketahui terlebih dahulu adalah istilah-istilah yang ada didalam twitter itu sendiri. Istilah-istilah apa saja sebenarnya yang ada didalam twitter itu?
1. Followers : followers adalah orang yang mengikuti kita dan akan menerima setiap pembaharuan yang dilakukan.

2. Followings : followings adalah orang yang kita ikuti dalam twitter. Ini merupakan kebalikan dari follower, kita akan menerima setiap update orang yang kita follow.

3. Re Tweet : ret tweet yang sering disebut dengan RT adalah menulis ulang tweet orang lain dalam profile kita sendiri dan biasanya diikuti dengan nama orang yang membuat tweet pertama kali.

4. Trending Topics = trending topics adalah topik yang sedang hangat di antara pengguna Twitter sedunia. Biasanya trendingtopics ini akan muncul dan selalu di update pada halaman twitter kita.

5. Over Head : over head atau disingkat dengan OH adalah menulis ulang tweet orang lain tanpa menyebutkan sumber tweet tersebut.

6. Direct Message : direct message atau disingkat dengan DM adalah pesan pribadi teman kita (followers) kepada kita.

7. Tanda @ = tanda @ adalah mem - tag atau mengkhususkan tweet kepada salah satu teman yang kita beri tanda.

8. Hash Tags : hash tags dalam twitter di definisikan dengan tanda #. Tanda pagar ini biasanya digunakan untuk mempermudah pencarian topik yang sedang hangat di twitter. Misalnya topik yang sedang hangat adalah Bisnis Online, maka untuk mempermudah pencarian tentang topik tersebut kita menulis #karodalnet sebagai keyword.
Penjelasan dari masing-masing istilah twitter diatas adalah bahwa antara nomor 1 dan nomor 2, yaitu antara followers dan followings merupakan bagian atau orang yang berintraksi melalui situs twitter itu sendiri atau selayaknya anda dan teman-teman anda melalui situs jejaring sosial facebook.

Sementara itu untuk bagian nomor 3 sampai nomor 8, merupakan hal-hal atau interaksi juga tindakan yang anda lakukan dalam menulis pesan-pesan antara anda dengan para pengguna lainnya yang berhubungan dengan penjelasan nomor 1 dan nomor 2 diatas.

Untuk memulai menjadi anggota atau member di situs twitter, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah mendaftar. Untuk mengetahui cara membuat twitter atau mendaftar menjadi twitter, bisa juga anda lihat tutorial lengkapnya diblog ini. So... bagi teman-teman yang sudah membaca artikel ini, khususnya bagi yang belum begitu paham tentang twitter dapat kiranya sedikit terbantu, dan bisa pula kiranya mencoba menggunakan twitter yang saat ini memang sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi para netters diberbagai pelosok negara di dunia.

No comments:

Post a Comment