Sunday, January 15, 2012

Kenapa defrag komputer harus dilakukan ?


Anda pasti mengenal dan tahu istilah defrag yang sangat sering diucapkan ketika proses pada komputer berjalan lambat.

Sebenarnya apa itu defrag ? defrag merupakan suatu proses yang dipergunakan untuk merapikan, menyusun, dan menata berbagai file dan isi dalam sebuah hard disk.

Apa fungsi dari defrag ? Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa defrag dapat meningkatkan kecepatan membaca data komputer karena tersusunnya data secara rapi pada hard disk. Selain itu defrag juga dapat mengakomodasi kestabilan dan kondisi hard disk.

Masih bingung ? Sekarang lihat lemari pakaian Anda, lebih mudah mencari baju atau celana pada lemari pakaian yang rapi atau lemari pakaian yang berantakan ? Anda pasti menjawab akan lebih mudah mencari pakaian pada lemari pakaian yang rapi dan tertata berdasarkan jenis pakaiannya. Seperti itulah fungsi dari defrag mengurutkan data sesuai dengan tempatnya sehingga memudahkan pencarian sebuah data pada hard disk.
Apa yang menyebabkan komputer harus di defrag ? Komputer harus di defrag disebabkan oleh proses manipulasi data yang terjadi pada hard disk Andaseperti (install/uninstall program, delete file, move file, copy file, ataupun manage file).
Berapa kali kita harus melakukan defrag ? defrag dilakukan minimal 1-3 bulan sekali akan tetapi hal itu juga tergantung dari manipulasi data yang Anda lakukan pada hard disk, semakin sering melakukan manipulasi pada hard disk maka semakin sering pula dilakukan defrag pada hard disk.
Setelah saya membahas tentang defrag kurang lengkap rasanya kalau saya tidak menyertakan cara melakukan defrag pada hard disk komputer.
Cara untuk melakukan defrag pada hard disk komputer dengan sistem operasi windows (7) sangat mudah karena sistem operasi ini sudah menyiapkan tools khusus yaitu disk defragmenter. Langkah-langkahnya :
  1. Klik start pada taskbar menu.
  2. Pilih All Programs.
  3. Pilih Accessories.
  4. System Tools.
  5. Disk Defragmenter.
Mulai sekarang jangan lupa untuk mendefrag hard disk dan jaga serta rawat komputer khususnya hard disk Anda karena pada hard disk banyak tersimpan data penting.

Semoga Bermanfaat...!!!

No comments:

Post a Comment